Background

Why do the Stars Twinkle? (kenapa bintang bersinar)




Bintang sebenarnya sangat besar, tetapi mereka sangat jauh sehingga mereka terlihat kecil. Bahkan, bintang yang begitu jauh dari Bumi yang biasa kita sebut mereka sebagai "tak terhingga" jauh, yang menghasilkan mereka tampak seperti "sumber titik" cahaya. Satu-satunya alasan bahwa kita melihat bintang-bintang yaitu jarak sangat besar dan  mereka sangat cerah.

Cahaya datang menuju Bumi sepanjang jalan melalui ruang yang menghasilkan sangat sedikit perubahan dalam terang. Namun, di Bumi kita melihat bintang-bintang dengan melihat melalui atmosfer planet kita, yang merupakan kulit tipis gas yang mengelilingi planet kita yang menyediakan gas untuk bernafas dan isolasi dari intens dingin dan panas ruang. Atmosfer kita tipis dibandingkan dengan jalan panjang yang membutuhkan cahaya melalui ruang, tetapi memiliki efek dramatis pada penampilan bintang.
Karena atmosfer bumi yang terus bergerak, dengan kantong udara panas dan dingin bergerak terus-menerus, jalan sinar cahaya dari bintang yang jauh terus-menerus berubah.

Misalnya, sinar cahaya membungkuk di udara dingin dan udara panas.  
Jadi, ketika sinar cahaya yang dipancarkan oleh bintang-bintang bergerak melalui atmosfer, mereka menjalani refraksi, yang berarti mereka membungkuk. Tingkat bias tergantung pada kepadatan atmosfer. Karena beberapa lapis kepadatan diferensial, sinar cahaya yang dipancarkan dari bintang-bintang secara acak membias beberapa kali dalam arah acak. Hal ini menyebabkan efek “sekejap”, yang hanya interpretasi cahaya dibiaskan oleh mata kita. Dia gerak terus-menerus dari kantong udara panas dan dingin pada atmosfer kita yang secara alami bergolak menyebabkan sinar cahaya dari bintang untuk bergerak terus menerus. Selain jitter konstan dalam posisi bintang, kantong udara melinagkar juga bergerak  fokus dan defocus cahaya bintang, sehingga muncul secara acak mengubah kecerahan.

Kedua efek ini bersama-sama menghasilkan sensasi yang kita sebut "kelap-kelip" bintang. Jika Anda bepergian ke luar atmosfer dan melihat bintang-bintang yang sama dari sebuah kapal ruang angkasa, Anda tidak akan melihat sekejap. Sebaliknya, bintang-bintang hanya akan bersinar terus melalui ruang hampa udara.


tags : bintang, bulan, bumi, atmosfer, cahaya, ruang hampa, optik, refraksi, bersinar, kecepatan udara, pemantulan, astronomi, sumber cahaya

sumber :
http://www.optics4kids.org/home/tutorials/starstwinkle.aspx
http://infobebas.web.id/2013/mengapa-bintang-berkelip-kelip.html

Categories: Share

Leave a Reply