Background

Penggunaan Baju Logam


Para pekerja di tempat pembakaran sring menggunakan baju pelindung yang bagian luarnya dilapisi dengan logam tipis. Karena logam adalah konduktor panas yang baik, mengguakan baju pelindung sepertinya tidak masuk akal (kecuali untuk tujuan peragaan yang mempesona) bagaiman baju logam ini melindungi para pekerja dari panas ?


Jawab :
Sebagian besar energi termal dari potongan logam yang merah membara memanaskanmu melalui radiasi inframerah, yaitu energi elektromagnetik denagn frekyuensi yang lebih rendah dibandingkan bagian warna merah dari spektrum kasat mata. Logam adalh pemantul radiasi elektromagnetik yang baik, sehingga lapisan logam merupakan perisai yang efektif terhadap radiasi inframerah yang di keluarkan oleh potongan logam panas tersebut.
Selimut termal dalam perangkat darurat untuk para menjelajah menggunakan pemantulan inframerah yang tinggi dari lapisan logam tipis untuk memantulkan radiasi inframerah ke tubuh manusia. Ketika seseorang terbungkus selimut ini, kombinasi lapisan tipis di atas lpaisan plastik akan mempertahankan lapisan tipis udara antara tubuh dan selimut agar cukup hangat sekalipun sedang berada di daerah yang suhu sekelilingnya dingin membeku.

Categories: Share

Leave a Reply