Background

Memicingkan Mata Biasa Dilakukan Penderita Miopia


1.     
Mengapa mengedipkan mata membantu penderita rabun jauh(miopia) melihat dengan jelas. Mengapa bukan kaca mata dengan lubang jarum yang digunakan untuk membantu memperbaiki daya lihat penderita rabun jauh?

Jawab:
sama seperti lubang kamera, kedipan mata terjadi karena mata, akan memiliki kedalaman medan yang tak terhingga-artinya, bayangan dari benda-benda akan terfokus, sehingga memicingkan mata adalah untuk memperbaiki kemampuan pandang jauh maupun dekat. Umumnya, untuk jarak pandang jauh, sinar yang memasuki mata lebih jauh dari sumbu optik pusat tidak akan terfokus di retina, sehingga dengan menghalangi sinar ini akan memperbaiki bayangan.
Memakai kacamata lubang jarum bukanlah  pemecahan masalah yang bagus kkarena medan pandangnya yang sempit.  Lubang jarum tersebut jauh dari bola mata, dan intensitas cahaya turun secara dratis.
Namun, kita bisa memperbaiki penglihatan rabun jauh dengan menggunakan cahaya yang lebih terang, yaitu intensitas cahaya yang membuat pupil mengecil untuk menghalangi sinar yang jauh dari sumbu optis.

Categories: Share

Leave a Reply